Membuat IDE website Bisnis | GENGTETTEL ™

Rabu, 18 Juli 2012

Membuat IDE website Bisnis

Membuat IDE website Bisnis >>

Temen - temen yang masih bingung tentang gimana perencanaan pembuatan web, bisa membaca artikel dibawah ini . Sebelum membuat web ada hal-hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu dan kita harus mengerti kebutuhan client, sebagai berikut: 


I. Mempunyai Perencanaan Yang Matang


1. Kita harus tahu tujuan dubuat nya suatu web 
Tujuan website menentukan content yang akan ditampilkan. Jika tujuan pembuatan website adalah untuk 'company awareness', maka informasi company profile lebih ditekankan. Untuk menyajikan produk, berarti produk katalog yang akan lebih ditonjolkan. 




2. Mengetahui jenis bisnisnya 
Pertama-tama harus mengerti jenis bisnisnya. Ini bisa kita dapatkan saat calon client pertama kontak ataupun saat pertemuan pertama. Dari jenis bisnisnya kita punya gambaran apa saja yang akan ditampilkan dalam website. 


3. Menyusun anggota tim 
a.Steering Committee / Project Sponsor
b.Project Manager
c.Subject Matter Expert
d. Business Analyst
e. Software Architect
f. Database Admin
g. Programmer
h. Tester
i. Technical Writer 




4. Project Schedule 
a. Estimasi ukuran
b. Estimasi effort dan durasi
c. Tanggal selesai masing-masing milestone
d. Project Plan
e. Stakeholder plan
f. Configuration management plan
g. Training plan
h. Daftar resiko proyek 




5. Analisa Audience
a. Siapa yang menjadi
b. Umur
c. Bahasa dan budaya
d. Tingkat pendidikan
e. Akses ke web (High-speed? Dial-in?)
f. Ke-familiaran terhadap Web
g. Hambatan pengaksesan
h. Apa yang mereka cari dari web site
i. Informasi
j. Layanan
k. Komunitas 




6. Target pengunjung 
Untuk target pengunjung company, maka informasi daftar client penting. Jika targetnya individu, informasi tentang pelayanan yang lebih personal seperti layanan antar dan sebagainya adalah penting.Lokasi pengunjung menentukan bahasa apa yang akan digunakan. 


a. Hal yang perlu dipikirkan juga adalah informasi : 
- apa yang ingin pengunjung dapatkan 
- tema apa yang menarik bagi pengunjung 
- seberapa sering pengunjung ingin website anda diupdate 
- seberapa detail informasi yang ingin pengunjung dapatkan 




7. Mengetahui content 
Setelah mengerti jenis website, tujuan pembuatan website, target pengunjung, maka kita mengerti gambaran content-content apa yang akan ditampilkan. 


Selanjutnya kita mempunya bayangan navigasinya. Navigasi tersebut kemudian dituangkan dalam skeleton yang berisi navigasi utama, sub menu, dan halaman-halaman di bawah sub menu tersebut. Halaman-halaman tersebut yang ada adalah cerita di belakang bisnis yang merangsang pengunjung mengklik. 




8. Informasi yang akan ditonjolkan 
Setelah mengetahui content yang akan ditampilkan, maka kita perlu mengetahui pesan apa yang ingin ditonjolkan. 
Beberapa kemungkinan: 


- Nama bisnis 
- Slogan 
- Produk tertentu 


Dari pesan yang akan ditonjolkan ini, kita akan menentukan informasi yang akan ditampilkan di halaman utama atau Home . 




9. Menentukan layout 
Setelah mengetahui content dan apa yang akan ditonjolkan, maka berikutnya adalah menentukan layout 


Untuk yang ingin menampilkan Nama bisnis atau slogan, konsepnya bisa 'low density content' 
Untuk product bisa 'medium density content'. Untuk news bisa memakai 'high density content'. 




10. Menentukan kesan 
Langkah berikutnya adalah mengetahui kesan yang akan ditampilkan. Ini berkaitan dengan pemilihan warna. Dalam melakukan hal ini kita juga harus tahu logo perusahaan dan juga warna yang dipakai. 




II. MENENTUKAN IDE 


Ide merupakan dasar utama dalam membuat website. Ide dasar ini akan menentukan website seperti apa yang akan dibuat. 


Pertama yang saya lakukan adalah menentukan konsep websitenya dahulu. Proses pencarian ide dilakukan dengan banyak melakukan pengamatan serta sketsa-sketsa kasar. 
Konsep pada website ini adalah new perspective yaitu cara kita memandang sesuatu dari sisi yang berbeda sehingga dengan demikian kita akan mendapatkan suatu pencerahan. Konsep ini kemudian diterjemahkan dalam berbagai bentuk visual yang mendukung konsep tersebut. 


Setelah itu proses pembuatan halaman utama (index). 


Fokus banyak ditekankan pada proses pembuatan halaman ini karena halaman inilah yang menentukan tampilan website secara keseluruhan baik dari tone, mood serta graphic. Setelah merasa cocok kemudian mulai dikembangkan kepada halaman-halaman berikutnya. Selanjutnya proses pembuatan animasi di semua halaman baik dari intro, index serta halaman pendukung. Eksplorasi banyak dilakukan di bagian intro karena saya ingin memaksimalkan kemampuan animasi pada bagian intro. Setelah cukup lama berkutat pada proses animasi tahap berikutnya adalah memasukkan sound. Maka selesailah proses pembuatan website secara keseluruhan. 


Unik : Dalam membuat karya apapun seorang designer mempunyai kesadaran untuk tidak meniru atau menggunakan karya orang lain. Begitu pula seorang Web Designer harus mempunyai budaya malu untuk menggunakan icon, animasi, button, dll, yang telah digunakan atau dibuat oleh orang lain. 


Komposisi : Seorang Web Designer selalu memperhatikan komposisi warna yang akan digunakan dalam website yang dibuatnya. Pergunakan selalu Palette 216 WebColor, yang dapat diperoleh dari Adobe.com, hal ini untuk mencegah terjadinya dither pada image yang berformat GIF. Dalam membangun website suatu perusahaan, Web Designer selalu menyesuaikan warna yang digunakan dengan Corporate Color perusahaan tersebut. Sebagai contoh: Telkom Corporate Color-nya adalah biru, Coca-Cola : merah dan putih, Standard-Chartered : hijau dan biru, dsb. Untuk kemudian warna-warna tadi digunakan sebagai warna dominan atau sebagai elemen pendukung (garis, background, button, dsb). 


Simple : Web Designer banyak yang menggunakan prinsip "Keep it Simple", hal ini ditujukan agar tampilan website tersebut terlihat rapi, bersih dan juga informatif. 


Semiotik : Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda-tanda. Dalam hal ini diharapkan dengan melihat tanda atau gambar, user/ audience dapat dengan mudah dan cepat mengerti. Sebagai contoh: Jangan membuat gambar/image yang berkesan tombol, padahal itu bukan tombol/ link. 


Ergonomis : Web Designer selalu memperhatikan aspek ergonomi. Ergonomi disini adalah dalam hal kenyamanan user dalam membaca dan kecepatan user dalam menelusuri website tersebut. Web Designer memilih ukuran Fonts yang tepat sehingga mudah dibaca, Web Designer menempatkan link sedemikian rupa sehingga mudah dan cepat untuk di akses dan lebih penting lagi adalah Informatif. 


Fokus : Tentukan hirarki prioritas dari pesan yang akan disampaikan, misalnya: Judul harus besar, tetapi jangan sampai akhirnya akan konflik dengan subjudul yang berukuran hampir sama. Hal ini akan membingungkan user/audience untuk menentukan pesan mana yang harus lebih dahulu dibaca/ dilihat. 


Konsisten : Tentukan font apa yang akan digunakan sebagai Body-text, Judul, Sub Judul dan sebagainya, sehingga website tersebut akan terlihat disiplin dan rapi. Sesuaikan jenis huruf yang digunakan dengan misi dan visi website tersebut, misalnya: hindari menggunakan font Comic dalam membangun website suatu perusahaan resmi. 




DESAIN


membuat desain homepage kami memulai dengan software ini sebagai tampilan sementara atau dalam membuat layout homepage. 
1. Adobe Photoshop : Desain berbasis titik ( bitmap ) 
2. Adobe Image Ready : Memotong gambar-gambar ke dalam format html 
3. Adobe Illustrator : Desain berbasis vector 
4. CorelDraw : Desain berbasis vector 
5. Macromedia Freehand : Desain berbasis vector 


Efek Desain : Hal ini dilakukan untuk menghidupkan desain yang telah kita rancang. Seperti menambah efek cahaya, textur dan manipulasi teks. 
1. Macromedia Firework : Efek teks 
2. Painter : Memberikan efek lukisan 
3. Ulead Photo Impact : Efek frame dan merancangan icon yang cantik. 
4. Plugins Photoshop : Seperti Andromeda, Alien Skin, Eye Candy, Kai's Power Tool dan Xenofex juga 
   sangat mendukung untuk memberi efek desain sewaktu anda mendesain layout homepage di Photoshop. 


Animasi : Penambahan animasi perlu untuk membuat homepage agar kelihatan menarik dan hidup. 
1. 3D Studio Max : Untuk membuat objek dan animasi 3D. 
2. Gif Construction Set : Membuat animasi file gif 
3. Macromedia Flash : Menampilkan animasi berbasis vector yang berukuran kecil. 
4. Microsoft Gif Animator : Membuat animasi file gif 
5. Swift 3D : Merancang animasi 3D dengan format file FLASH. 
6. Swish : Membuat berbagai macam efek text dengan format file FLASH. 
7. Ulead Cool 3D : Membuat animasi efek text 3D. 


Web Editor : Menyatukan keseluruhan gambar dan tata letak desain, animasi, mengisi halaman web dengan teks dan sedikit bahasa script. 
1. Alaire Homesite 
2. Cold Fusion 
3. Microsoft Frontpage 
4. Macromedia Dreamweaver 
5. Net Object Fusion 




Programming : Hal ini dilakukan setelah sebagian besar desain homepage telah rampung. Programming bertugas sebagai akses database, form isian dan membuat web lebih interaktif. Contoh : Membuat guestbook, Form isian, Forum, Chatting, Portal, Lelang dan Iklanbaris. 
1. ASP ( Active Server Page ) 
2. Borland Delphy 
3. CGI ( Common Gateway Interface ) 
4. PHP 
5. Perl 


Upload : File html kita perlu di letakkan ( upload ) di suatu tempat ( hosting ) agar orang di seluruh dunia dapat melihat homepage kita. 
1. Bullet FTP 
2. Cute FTP 
3. WS-FTP 
4. Macromedia Dreamweaver : dengan fasilitas Site FTP 
5. Microsoft Frontpage : dengan fasilitas Publish 


Sound Editor : Homepage kita belum hidup tanpa musik. Untuk mengedit file midi atau wav, perlu alat khusus untuk itu. 
1. Sound Forge : Mengedit dan menambah efek file yang berformat mp3 dan wav. 
2. Cakewalk : Mengedit dan menambah efek untuk file yang berformat midi 




III. EVALUASI DAN PENGUJIAN 


1. Jaga kualitas costomer service,dan performa website
2. Kenyamanan membili via internet
3. Harga yang kompetitif
4. Populasi
    Indonesia dengan penduduk ratusan juta adalah potensi yang luar biasa besar,jika daya belinya sudah 
    meningkat.Untuk itu perlu diantisipasi sejak jauh-jauh hari, agar ketika yang demikian itu terjadi sudah siap 
    untuk menampung animo beli mereka. 
5. Interastruktur internet 
    Infrastruktur Internet Indonesia mungkin bukan yang terbaik ,namun cukum merata. 
6. Pengamatan situasi ekonomi 
7. Best partices 
    Mengatisipasi agar tidak mengulangi kesalahan yang tejadi di masa lalu 
8. Evaluasi profile : 
a). Home 
b). About US 
c). Product/Services 
d). Contact Us 
e). Client/Project List/Portfolio (optional) 
f). News/Articles (optional) 
g). Search (optional) 


a. Home
Informasi yang akan ditonjolkan kepada pengunjung . 
- Nama bisnis, tagline, logo biasanya ditonjolkan dalam halaman home 
- Juga ditampilkan beberapa product/service pilihan 
- Welcome yang berisi perkenalan singkat company 
- Alamat perusahaan, usahakan 
- Beberapa news/article pilihan, ini untuk company yang banyak aktivitas atau yang rajin menulis artikel. Apa 
  yang akan ditampilkan di dalam home ini harus diputuskan saat meeting pertama 


b. About Us 
Berisi perkenalan perusahaan 
Isinya: 
- Latar belakang 
- Visi Misi 
- Nama bisnis, tagline dan logo 
- Sejarah perusahaan 
- Bisnis yang digeluti 


Tergantung banyaknya data, menu About Us ini bisa terdiri satu atau banyak halaman. 
Jika datanya banyak menu About Us dibagi menjadi sub menu-sub menu. 


c. Product/Services 
Halaman pertama berisi perkenalan seluruh product/services. 
Halaman berikutnya berisi detail dari setiap product/services 


d. Contact Us 
Berisi Form supaya calaon customer mudah menhubungi anda. 
Pastikan ada detail perusahaan anda seperti alamat, no telepon, fax, email. 
Bagus lagi kalau ada peta. 


e. Daftar Client atau Project List 
Untuk menunjukkan kompetensi anda di produk atau jasa yang anda tawarkan. 


f. Articles/News 
Bagi perusahaan yang aktif, informasi ini bagus ditampilkan untuk memberi kenyamanan kepada calon pelanggan anda bahwa perusahaan anda adalah perusahaan yang sedang aktif. Cantumkan juga tanggal update untuk lebih meningkatkan citra perusahaan anda 


g. Search 
Supaya pengunjung mudah menemukan informasi tertentu yang ia cari 


9. Pengujian 
Pada tahap pengijian,kita mengetes semua aspek didalamnya.Kita iji tahap perencanan Arsitektur dan konfigurasi Sisytem,Konfigurasi Sistem dan tool yang digunakan .Semua Diuji lagi dari Berbagi segi,serta uji penggumpulan keputasan,jaga kualitas Costomos service, dan pervoma website. 




lV. PENAMBAHAN FITUR 


1. CSS editor
2. (Java)script editor
3. templates (web pages, style sheets)
4. image editing (clickable maps, …)
5. handling multimedia objects
6. web site maintenance capabilities
7. database support (ODBC)
8. dan penambahan keemana jaringan bias mengunakan antivirus 




V . PROFIT YANG DIHARAPKAN 


Dari ini ,saya menginginkan untuk mendapat profit/ kenuntunagan dari segi traffic atau jumlah pengunjung pada web ini ,dan diweb ini kami memesukan program iklan seperti goole adsense,amazone,adword,dan lain sebagainya.dan di web ini tidak lupa saya tambahkan space iklan berbayar.pada tiga atau empat bulan pertama saya mengharapkan traffic pada web ini minimal 1000 orang perhari. Untuk 6 bulan kedepanya bsaya mengharapkan -+3000 Orang perhari .Dengan jumlah traffic diatas saya memperkirakan masukan atau income sebesar minimal $50 perhari dan meningkat setiap bulanya. 

Terima kasih telah membaca artikel Membuat IDE website Bisnis.Silahkan baca artikel GENGTETTEL ™ tentang yang lainya dibawah ini!
4.5 02.24
Sabar Muanas 9 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.

Tidak ada komentar pada artikel Membuat IDE website Bisnis

Kami sangat membutuhkan Kritikan anda untuk kemajuan blog geng tettel !!
Berikan semangat dan dukungan anda buat blog ini.....?!!

By..GENGTETTEL.COM

Membuat IDE website Bisnis © 2012. Template by: GENGTETTEL