-->

Buat Web Online Free (GRATIS),Mudah




Target: siapa saja yang ingin punya situs gratis
Tingkat: beginner
Kebutuhan: hosting gratis, domain gratis
Waktu: kurang dari 30 menit 
Daftar Isi:
  1. Mendaftar Akun Domain Hosting Gratis
  2. Login ke akun hosting dan cpanel situs
  3. Menginstall Software WordPress
  4. Login Ke Situs WordPress Pertama Anda
  5. Bagaimana Mengganti Tampilan WordPress Saya?
Geng Tettel Tips and Trik – Dulunya situs kafeilmu adalah situs gratisan, yakni dibuat sendiri pada hosting gratis. Dengan berkembangnya waktu, serta kebutuhan akan resource yang lebih tinggi, akhirnya baru membeli domain sendiri dan hosting berbayar. Untuk memulai, tidaklah salah bila kita coba dulu dengan menggunakan hal-hal gratisan. Saat ini di Indonesia sendiri sudah banyak hosting gratis yang bisa kita gunakan sebagai awalan untuk membuat situs sendiri.
Salah satu penyedia hosting gratis Indonesia yang memberikan fitur cukup lengkap adalah Idhostinger. Pada hosting ini, menu favorit saya adalah tersedianya cpanel dan autoinstaller (fantastico). Dengan dua menu ini kita akan lebih mudah membuat situs sendiri, bahkan meski kita tidak punya pengalaman sedikitpun tentang cara membuat situ. Karena itu tutorial cara membuat situs gratisan sendiri, akan saya fokuskan dengan memanfaatkan hosting dari idhostinger.
Ok. mari kita mulai!

Mendaftar Akun Domain Hosting Gratis

Pertama, daftar dulu sebuah akun di Idhostinger, klik disini, ikuti semua prosedurnya, jangan lupa aktivasi dari email Anda, setelah aktivasi, buat satu domain gratis di sana, biasanya diakhiri dengan namasitus.16mb.com. Bila masih repot tentang bagaimana prosedur mendaftar hosting gratis di Idhostinger
Setelah mendaftar dan akun anda aktif, domain anda akan diregistrasi yang mungkin akan memakan waktu 12 jam. Saat domain anda telah siap, Anda baru bisa memulai membuat situs sendiri. Untuk melihat apakah domain anda sudah aktif, coba ketikkan url situs anda pada browser, misalnya http://katrok.16mb.com.
Bila anda melihat tampilan seperti di bawah ini, berarti domain anda telah aktif dan siap dibuat menjadi situs pribadi Anda.

Login ke akun hosting dan cpanel situs

Setelah domain anda sudah siap, sekarang masuklah ke akun hosting anda, dalam hal ini sebagai contoh sesuai pendaftaran di awal, masuk ke hosting idhostinger. Isikan email yang anda gunakan untuk mendaftar dan passwordnya.
setelah masuk, untuk dapat membuat situs anda, anda harus masuk cpanel dari situs anda, klik control panel, dan switcher akan muncul, klik switch, maka anda akan masuk pada control panel situs Anda.

cpanel adalah kumpulan menu-menu yang memudahkan anda untuk memenej situs Anda, salah satunya adalah menginstall software situs Anda.
contoh tampilan cpanel yang berisi banyak menu-menu penting untuk konfigurasi situs anda.
Sampai pada tahap ini, setidaknya anda sudah mengetahui bagaimana menjadi seorang webmaster, Anda telah mengetahui bagian dalam dari sebuah situs. Situs-situs yang pernah anda akses selama ini, adalah tampilan muka atau frontend, untuk melakukan editing, install, konfigurasi dan lain-lain, anda harus masuk ke bagian dalam sebuah situs, atau biasa disebut dengan backend, caranya ya dengan masuk ke sistem melalui cpanel, sebagaimana yang telah jelas di atas.
Ok mari kita lanjutkan untuk mengetahui bagaimana menginstall software wordpress.

Menginstall Software WordPress

Setelah anda dapat masuk ke sistem situs melalui cpanel ini, sekarang adalah saatnya membuat situs, yakni dengan menginstall software situs. Salah satu software situs yang terkenal dan banyak digunakan saat ini adalah software situs wordpress. Karena itu, tutorial ini akan berfokus pada bagaimana menginstall software situs wordpress sebagai sistem situs anda.
“orang banyak menyebutnya dengan CMS atau Content Management System yakni sistem situs berbasis konten, dimana anda tidak perlu lagi mengupload satu persatu halaman sebuh situs, anda cukup menginstall sistemnya dan menulis secara langsung kontennya pada sistem situs tersebut”
walah nglantur kemana ini … oke mari kita mulai instalasi wordpress. Pada menu-menu cpanel, turunlah sampai pada bagian website, dan klik auto installer (penginstall otomatis).
Setelah halaman auto installer terbuka, anda akan menemukan banyak software yang telah disediakan oleh penyedia hosting, dan siap untuk diinstall. Diantara software-software tersebut adalah, WordPress, Joomla, PHPbb, SMF, Coppermine, Mamboo, Mybb, Drupal, dan lain-lain, anda dapat mencobanya sendiri, namun dalam tutorial ini akan menggunakan wordpress sebagai sistem situs anda.
Klik Install WordPress 3.2.1
Anda kemudian wajib memasukkan akun admin untuk situs wordpress Anda.
  1. Kotak pertama biarkan kosong. Artinya anda akan menggunakan main folder (root situs) sebagai tempat installasi wordpress.
  2. Kotak kedua isi dengan nama akun admin situs anda, isi apa saja sesuai selera. Ini adalah username yang akan digunakan untuk login bagian backend situs wordpress anda, yakni ketika anda akan posting, membalas komentar, dll.
  3. Kotak ketiga isi pasword sesuai selera.
Jangan lupa mencatat username dan passwordnya, karena, bila anda lupa dengan akun atau passwordnya, anda tidak akan bisa masuk ke situs anda. Prosedur karena lupa password bisa jadi ribet, karena anda harus lewat cpanel, edit mysql, dll., pokoknya jangan sampek lupa deh.
Setelah mengisi dan mencatat nama akun dan passwordnya, klik Install WordPress 3.2.1, dan installasi akan dimulai …
Setelah beres, konfirmasi installasi akan muncul.
Selamat! Setelah muncul konfirmasi installasi, berarti situs anda sudah terinstall wordpress dan siap digunakan. Coba ketik lagi url situs anda di browser. Maka akan tampil halaman pertama situs wordpress Anda.
Lanjut untuk mengetahui bagaimana cara login ke situs wordpress pertama anda.

Login Ke Situs WordPress Pertama Anda

Situs anda sudah siap, sekarang anda bisa melakukan posting, mengganti tema, menampilkan widget dll. Untuk bisa masuk ke situs Anda, anda bisa menuliskan url berikut: http://nama-situs-gratis-anda.com/wp-login.php. atau melalui link meta pada kanan bawah, klik Login.
dan akan tampil halaman login. Isikan username dan password yang tadi telah anda catat.
Sekarang anda telah berada pada backend situs wordpress anda.
Pertamakali yang perlu dilakukan adalah membuang dummy post dan page. Keduanya adalah contoh posting dan contoh halaman yang otomatis terinstall bersamaan dengan install wordpress. Anda tidak ingin kan, halaman pertama anda berisi posting “hello word” dan “sample page”.
Untuk melakukan ini, pada dasbord situs, klik post -> all posts. Akan muncul daftar posting yang ada, kemudian klik trash pada posting “hello world”.
Begitu juga lakukan untuk Pages. Klik Pages -> all pages –> klik trash pada halaman “hello world”.
Hal kedua yang perlu dilakukan adalah mengganti title dan tag situs anda, agar sesuai dengan deskripsi situs yang anda inginkan.
Untuk melakukannya klik setting –> General, dan akan muncul halaman deskripsi situs anda.
Isikan deskripsi situs sesuai keinginan anda.
Sampai tahap ini, situs anda sudah benar-benar ready dan siap untuk ber posting ria, sharing semua pengetahuan anda pada dunia maya. Silahkan mengutak atik sendiri dan mencoba apa saja, salah bisa diperbaiki, serta tidak lupa sering membaca tutorial bagaimana menangani situs.
Lanjut untuk mengetahui bagaimana cara mengganti tampilan wordpress anda.

Bagaimana Mengganti Tampilan WordPress Saya?

Sebagai awalan, cobalah ganti thema situs anda! bagaimana caranya? mudah saja.
pada menu Appearance, klik Themes, maka akan muncul halaman penggantian thema. Klik Install Themes, disana tersedia banyak pilihan, silahkan mencoba saja.
Itulah bagaimana cara membuat situs gratis, yang telah secara detail saya contohkan mulai dari awal pendaftaran, menginstall wordpress, sampai mengganti tampilan wordpress Anda.
Contoh situs buatan sendiri dengan hosting gratisan: katrok.16mb.com
Terimakasih sudah membaca, bila belum puas bisa diselesaikan di kolom komentar.

LihatTutupKomentar