-->

RENUNGAN RIZKI DAN KEHIDUPAN

Ya ayyuhan naasu antumul fuqaraa-u ilallaah, wallaahu huwal ghaniyyul hamid (QS. 35 Faathir:15)
Artinya: "Hai Manusia, kamulah yang berkehendak kepada Allah; dan Allah Dia-lah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji".


Wamayyabkhal Fa Innamaa Yabkhalu 'an Nafsih, Wallaahul Ghaniyyu Wa Antumul Fuqaraa-u (QS. 47 Muhammad;38)
Artinya: " Dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri, Dan Allah lah Yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang membutuhkan kepada-Nya".


Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaa hun fil barri wal bahri warazaqnaahum minathayyibaat (QS 17 AL-Isra' 70)
Artinya: "Dan sesungguhnya telah kami mulyakan anak-anak adam, kami angkut mereka di daratan dan lautan, kami beri mereka rizki dari yang baik-baik". 


Wamaa min daabbatin fil ardli illaa 'alallaahi rizquhaa (QS 11 Huud ; 6)
Artinya: "Dan tidak ada suatu binatang melatapun di bumi melainkan Allahlah yang memberi rizkinya".

Wa ka ayyim min daabbatin laa tahmilu rizqahaa allaahu yarzuquhaa wa iyyaakum wahuwas samii'ul'aliim (QS 29 Al-Akabut; 60)
Artinya: "Dan berapa banyak binatang yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rizkinya sendiri. Allahlah yang memberi rizkinya kepadanya dan kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".


Qul may yarzuqukum minas samaa waati wal ardli qulillaah (QS 34 Saba' : 24)
Artinya: "Siapa yang memberi rizki kepadamu dari langit dan bumi?" katakanlah; "Allah"

Wallaahu fadldlala ba'dlakum 'alaa ba'dlin firrizqi (QS 16 An-Nahl: 71)
Artinya: "Dan Allah melebihkan sebahagian kamu dari sebahagian yang lain dalam hal rizki".


Nahnu qasamnaa bainahum ma'iisyatahum fil hayaatid dun yaa warafa'naa ba'dlahum fauqa ba'dlin darajat (QS 43 Az-Zukhruf: 32)
Artinya: "Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan mereka, dan kami telah meninggikan sebahagian mereka atas sebahagian yang lain beberapa derajat".

Allaahu tabsuthur rizqa limay yasyaa u wayaqdir wafarihuu bil hayaatid dun yaa wamal ha yaatud dun yaa fil aakhirati illaa mataa (QS 13 Ar Ra'd ; 26)
Artinya: "Allah meluaskan rizki dan menyempitkannya bagi siapa yang Dia kehendaki. Mereka bergembira dengan kehidupan di dunia, padahal kehidupan dunia itu (dibandingkan dengan) kehidupan akhirat, hanyalah kesenangan (yang sedikit)".

Awalam yarau annallaaha yabsuthur rizqa limayyasyaa u wayaqdir, inna fii dzaalika la aayaatil liqaumiy yu minuun (QS 30 Ar Ruum; 37)
Artinya: "Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwa sesungguhnya Allah melapangkan rizki bagi siapa yang dikehendaki Nya dan Dia (pula) yang menyempitkannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang beriman".



Qul inna robbii yabsuthur rizqa limay yasyaa u wayaqdiru walaakinna aktsaran naasi laa ya'lamuun  (QS 34 Saba' ; 36)
Artinya: Katakanlah: "sesungguhnya Tuhanku melapangkan rizki bagi siapa yang dikehendaki Nya dan menyempitkannya akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui".

Faidzaa qudliyatis shalaatu fantasyiruu fil ardli wabtaghuu min fadl lillaahi wadzkurullaaha katsiiral la'allakum tuflihuun (QS 62 Al Jumu'ah; 10)
Artinya: "Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia Allah dan Ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung".


Wakuluu mimmaa razaqakumullaahu halaalan thayyibaw wattaqulaahal ladzii antum bihi mu minun (QS 5 Al Maidah; 88)
Artinya: "Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rizkikan padamu, dan bertakwalah kepada Allah Yang kamu beriman pada Nya".


Fabtaghuu 'Indallaahir rizqa wa'buduuhu wasy kuruu lah, ilaihi turja'uun (QS 29 AL Ankabuut: 17)
Artinya: "maka mintalah rizki itu di sisi Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada Nya. Hanya kepada Nyalah kamu akan dikembalikan".


Wa ahalallaahul bai'a waharramar ribaa (QS 2 Al Baqarah: 275)
Artinya: "Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba".


Alladzii ja'ala lakumul ardla firaasyaw was samaa a binaa aw wa anzala minas samaa i maa an fa akhraja bihi minats tsamaraati rizqal lakum (QS 2 Albaqarah: 22)
Artinya: "Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rizki untukmu".


Wainna lakum fil an'aami la'ibrah, nusqiikum mimmaa fii buthuunihii mim baini fartsiw wa damin labanan khaalishan saa ighal lis syaaribiin (QS 16 An Nahl 66)
Artinya:"Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang minumnya".


Allaahul ladzii sakhkhara lakumul bahra litajriyal fulka fiihi bi amrihii walitabtaghu min fadl lihii wala'allakum tasykuruun (QS 45 Al Jatsiyah : 12)
Artinya: "Allah lah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan seizin Nya dan mudah-mudahan kamu bersyukur".


Wamin kullin ta kuluuna lahman thariyyaw watas takhrijuuna hilyatan talbasuunahaa, wataral fulka fiihi mawaakhira litabtaghuu min fadl lihi wa la'allakum tasykuruun (QS 35 faathir: 12)
Artinya: "Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan pada masing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karunia Nya dan supaya kamu bersyukur".


Innallaaha huwar razzaaqu dzul quwwatil matiin (QS 51 Adz dzariyat: 58)
Artinya: "Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi Rizki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh".


Wa innallaaha lahuwa khairur raaziqiin (QS 22 Al Hajj: 58)
Artinya: "Dan sesungguhnya Allah adalah sebaik-baik pemberi rizki".

Warzuqnaa wa anta khairur raaziqiin (QS 5 Al Maidah: 114
Artinya: "Beri rizkilah kami, dan Engkaulah Pemberi Rizki yang paling utama".


Maa 'indallaahi khairum minal lahwi waminat tijaarati, wallaahu khairur raaziqiin (QS 62 Al Jumu'ah: 62)
Artinya: "Apa yang ada di sisi Allah adalah lebih baik dari pada permainan dan perniagaan, dan Allah sebaik-baik pemberi rizki".

LihatTutupKomentar